Rizal

17 September 2020

Disdukcapil dapat Kategori Sangat Baik dari Kemendagri

PEMKOT Samarinda boleh bangga. Karena pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) Capil Kota Samarinda mendapat penilaian sangat baik dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Berdasarkan capaian target kinerja di bidang KTP elektronik, akta kelahiran untuk usia 0-18 tahun, Fasilitasi Pelaksanaan Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), Penggunaan Data Konsolidasi Bersih (DKB), Perjanjian Kerjasama dan Pemanfaatan Data dan Bokumen Kependudukan, Penyerapan Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2019, Laporan Keluaran/Output Kinerja Dokumen Pelayanan Lainnya, Laporan BMN (Barang Milik Negara), inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan pelanggaran terhadap Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 76 Tahun 2015, maka nilai kinerja Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda untuk semester ll Tahun 2019 adalah 90,00 termasuk dalam kriteria sangat baik.

Pencapaian target kinerja tahun 2019 ini tentu saja akan berpengaruh pada penilaian kinerja Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda pada akhir tahun 2020. Kepala Disdukcapil Kota Samarinda Abdullah menuturkan, di masa pandemi Covid-19, Disdukcapil harus terus melaksanakan tugas dalam pelayanan masyarakat. Karena itu dibutuhkan inovasi-inovasi agar kinerja bisa terus jalan. Termasuk inovasi dalam layanan digital.

Bagi warga yang ingin berurusan di Disdukcapil, bisa menggunakan sistem layanan berbasis go digital. Online dengan mengakses ke nomor whatsapp yang sudah disediakan tanpa harus datang.

Pemanfaatan layanan ini, terlebih dalam masa social distancing diharapkan bisa efektif untuk pencegahan penyebaran korona. “Disdukcapil Samarinda ini bekerja sepenuh hati melayani masyarakat dengan baik sesuai komitmennya. Bekerja secara maksimal dengan memanfaatkan kondisi yang ada, baik sarana prasarana maupun SDM-nya untuk mencapai tugas atau pekerjaan yang bisa melayani masyarakat dengan baik. Intinya Dukcapil melayani, masyarakat bahagia,” tuturnya. (adv/lin/nin)