Touched By FH_404

4 February 2021

Prof. Zudan Sebut Hikmah Wabah Covid-19 Dorong Transformasi Dukcapil Go Digital

 

Jakarta - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menyebut ada hikmah di balik wabah covid-19. Salah satunya adalah mendorong percepatan transformasi Dukcapil Go Digital. 

Menurutnya, wabah covid-19 telah menggeser kultur masyarakat yang terbiasa dengan tatap muka, menjadi ke arah online.

“Penduduk dan petugas Dinas Dukcapil di daerah yang sudah terbiasa dengan kultur tatap muka, terpaksa didorong untuk dapat mengurangi kerumunan sehingga terpacu untuk memperbanyak layanan secara online,” tutur Zudan di acara Sharing Session, Gatra Media Group, Rabu (3/2/2021).

Sebetulnya, pada bulan Februari 2019, Dukcapil seluruh Indonesia telah serempak me-launching gerakan Dukcapil Go Digital yang dimulai dengan inovasi tanda tangan digital.

“Dengan tanda tangan digital, proses penerbitan dokumen kependudukan oleh Kepala Dinas Dukcapil menjadi sangat efisien. Pasalnya, Kepala Dinas dapat menandatangani berbagai dokumen kependudukan kapan pun, dan dimana pun,” jelasnya.

Belum lagi, dengan adanya itikad baik pengembangan gerakan Dukcapil Go Digital secara nasional, inovasi-inovasi berupa dokumen kependudukan elektronik mulai bermunculan.

Penerbitan berbagai dokumen kependudukan, seperti ragam akta dan Kartu Keluarga, dapat dicetak secara mandiri dengan menggunakan kertas HVS biasa sehingga dapat mengurangi kerumunan masyarakat di kantor Dinas Dukcapil ataupun instansi pelaksana administrasi kependudukan lainnya.

“Hanya KTP-elektornik, dan Kartu Identitas Anak (KIA) yang tidak bisa dicetak secara mandiri sebab memiliki blanko khusus yang tidak tersedia di pasaran secara bebas,” tutupnya melengkapi. Dukcapil***

 

Sumber : https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/650/prof-zudan-sebut-hikmah-wabah-covid-19-dorong-transformasi-dukcapil-go-digital