Awal Juni Legalisir Membludak

Diposting pada: 2015-06-02, oleh : Admin Berita, Kategori: Pelayanan

SAMARINDA – Awal bulan ini (Juni), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) semakin disibukkan dengan agenda legalisir. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Sub Bagian Umum, Rusmi Eryani kepada Koran Kaltim Senin kemarin, (1/5). “Kita memang sudah mulai ramai menangani legalisir sejak Mei lalu, dan awal bulan ini (Juni) yang paling tinggi intensitasnya,” terang Rusmi.
Ia juga menerangkan bulan ini ada proses pendaftaran beasiswa Kaltim Cemerlang untuk tingkat SD hingga jejang S2. Tak heran jika kebanyakan warga yang mengurus legalisir berasal dari kalangan orangtua dari siswa yang bersekolah hingga mahasiswa.
Adapun mengenai dokumen yang saat ini sangat sering dilegalisir oleh pihaknya yaitu akte kelahiran dan kartu keluarga. Dokumen itu merupakan persyaratan utama dari pendaftaran beasiswa Kaltim Cemerlang.
Mengenai prosesnya, kata Rusmi tak perlu menunggu lama. Pemohon hanya cukup menunggu 20 menit, tanpa dipungut biaya apapun. Pihaknya mengaku tidak akan mem-beratkan warga dengan proses legalisir. “Prosesnya cuma 20 menit, mungkin lebih lama mengantre daripada proses legalisir dan dokumen pemohon sudah terlegalisir tanpa dipungut biaya,” papar Rusmi.
Lanjutnya, saat ini jumlah pemohon yang melegalisir sudah mencapai 800 lebih. Dan penambahan dokumen legalisir diakuinya mulai bulan lalu hingga awal bulan ini.
Adapun dokumen yang saat ini diterima Disdukcapil dalam proses legalisisr diantaranya akte kelahiran, kartu keluarga, kartu tanda penduduk, akte kematian serta dokumen perceraian. “Kemung-kinan Disdukcapil akan ramai dikunjungi pemohon legalisir saat ini hingga awal bulan depan (Juli), dan dapat dipastikan setelah itu keandaan akan kembali normal. Meskipun tetap ramai hanya saja tidak seramai saat ini,”tutupnya. (adv/ms315)

Sumber : http://www.korankaltim.com/awal-juni-legalisir-membludak/


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini