SOSIALISASI PROGRAM MASKER KAMPUNG KB KELURAHAN BUKUAN KECAMATAN PALARAN KOTA SAMARINDA

Diposting pada: 2018-05-24, oleh : Publikasi, Kategori: Tanpa Kategori

DISDUKCAPILSMD, SAMARINDA – Untuk mengawali pelaksanaan program “Mari Semua Keroyok Kampung KB” yang digagas oleh DPPKB Kota Samarinda, kemarin (21/5) dilaksanakan Sosialisasi di Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran.

Acara diawali dengan sambutan oleh Lurah Bukuan Didi Zulyani, S.STP., M.Si. kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh Kepala DPPKB H. Marnabas S. Patiroy, S.Sos., M.Si.
Menurut Kepala DPPKB, dalam waktu dekat program ini akan segera di-launching dimana jika program ini telah berjalan, masyarakat akan dimudahkan dalam proses pembuatan akta kelahiran karena akan ada petugas dari DPPKB yang ditugaskan untuk mendata para ibu hamil yang usia kehamilannya telah menginjak 7 bulan. Kemudahan yang diberikan adalah ketika anak yang telah didata tersebut telah lahir, masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil, namun cukup di kelurahan untuk mengurus akta kelahiran. “Dengan catatan berkas harus lengkap”,pungkas Marnabas.

Setelah berkas permohonan diverifikasi dan diterima oleh Kelurahan kemudian akan diinput secara online untuk kemudian diproses lebih lanjut di kantor Disdukcapil. Kepala DPPKB menambahkan dirinya akan menindak tegas siapa saja yang mencoba untuk melakukan kegiatan pungli dalam pelaksanaan program ini. “Apabila ada yang meminta pungli. Laporkan!”, tambahnya.

Dalam kesempatannya, Kabid PIAK (Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan) Didik Purwanto, S.STP., M.Si. Mewakili Kepala Disdukcapil membenarkan bahwasannya program dibuat untuk memberikan kemudahan, baik untuk Masyarakat maupun Disdukcapil dalam rangka mewujudkan GISA (Gerakan Indonesia Sadar Admindukcapil). “Ini merupakan Simbiosis Mutualisme”, ujarnya.

Disela-sela penjelasannya mengenai program ini, Kabid PIAK Disdukcapil meminta warga untuk dapat berperan aktif dalam proses percepatan pencetakan KTP-el dengan cara menanyakan kepada pihak kecamatan sebagai pihak yang diberikan kewenangan untuk pencetakan KTP-el serta apabila ada kesalahan data untuk segera melaporkan agar bisa cepat ditindaklanjuti. “Jangan ketika perlu baru mengurus”,dia menambahkan.

Dihadiri pula oleh Camat Palaran, Suwarso, A.Ks., M.Si. pada kesempatannya dia menyampaikan bahwa sebuah kebanggaan bagi Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran dijadikan sebagai percontohan dan menurutnya hal ini sangat tepat karena menurut penilaiannya Kelurahan Bukuan mampu untuk mengemban tanggung jawab tersebut. Kecamatan Palaran menyambut baik hal ini dan meminta kepada para warga untuk mendukung dalam pelaksanaanya.

Pada akhir acara, Kepala DPPKB menyatakan bahwasannya ini merupakan langkah awal. Kedepannya apabila berjalan lancar dan sukses bukan tidak mungkin pelayanan yang dibantu bertambah dari yang hanya pengurusan akta kelahiran tapi bertambah juga dalam pengurusan dokumen-dokumen kependudukan lainnya.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini