Layanan Disdukcapil Loa Janan Ilir Numpang Di Samarinda Seberang, Akibat Minimnya Sarana

Diposting pada: 2014-04-23, oleh : Admin Berita, Kategori: Teknis

SAMARINDA. Selama ini pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Kecamatan Loa Janan Ilir justru melakukan tugasnya di Kantor Kecamatan Samarinda Seberang. Hal akibat minimnya sarana untuk menunjang kinerja mereka.
Hal itu dibenarkan Kelapa Seksi (Kasi) Pemerintahan, Kecamatan Loa Janan Ilir M Guntur saat dikonfirmasi Sapos sore kemarin. Ia menyebutkan ada alasan mengapa hal itu dilakukan. "Harus ada tower sebagai alat untuk pengiriman data ke Disdukcapil Samarinda. Karena minimnya lahan akhirnya kantor yang masih berstatus kontrak ini (Kecamatan Loa Janan Ilir, Red) tidak dilengkapi tower. Itu sebabnya mengapa pegawai Disdukcapil di sini untuk sementara menumpang di Kecamatan Samarinda Seberang," ujar Guntur.
Hal itu membuat pelayanan terkesan kurang maksimal. Warga yang hendak membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) harus berurusan di dua kantor. Karena hanya beberapa hal yang dapat dilakukan di kantor kecamatan di Jalan Kurnia Makmur, Loa Janan Ilir ini.
"Seperti foto dan penyerahan persyaratan bisa dilakukan di kantor kami. Untuk cetak KTP atau KK itu untuk sementara dilakukan di Kantor Kecamatan Samarinda Seberang," jelasnya.
Ia mengakui jika masalah ini membuat warga mengeluh. Jauhnya jarak antara Kantor Kecamatan Loa Janan Ilir dan Samarinda Seberang membuat waktu serta tenaga harus terkuras hanya untuk melengkapi administrasi kependudukan.
"Mau bagaimana lagi kondisinya seperti ini. Kalau ditanya, sebenarnya kami juga tidak ingin. Tapi situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan," jelasnya.
Walau demikian hal ini hanya bersifat sementara. Karena dalam waktu dekat kecamatan pemekaran ini akan memiliki kantor sendiri. Proses pebangunan kantor pelayanan Kecamatan Loa Janan Ilir di Jalan HAMM Riffadin saat ini sedang dilaksanakan.
"Sebenarnya masalahnya hanya pada lahan. Nanti jika kami sudah punya kantor baru masalah seperti ini bisa diatasi," jelasnya. (aya/agi)

Sumber : http://www.sapos.co.id/index.php/berita/detail/rubrik/18/25743


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini