Disdukcapil Imbau Warga Ajukan Permohonan KTP Elektornik

Diposting pada: 2015-04-16, oleh : Admin Berita, Kategori: Teknis

SAMARINDA – Dinas Kependudukan dan Catatan Cipil (Disdukcapil) Samarinda mengimbau bagi masyarakat yang telah melakukan perekaman data biometrik namun belum mengajukan permohonan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik untuk segera mengajukan menyelesaikan prosesnya. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Disdukcapil Samarinda H Fietermen didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pengolahan Data Pendaftaran Penduduk Disdukcapil, M Faried kepada Koran Kaltim (16/4). “Diharapkan warga yang belum melengkapi data pencetakan KTP elektronik dapat mendatangi kecamatan di kota Samarinda setiap hari kerja,” ujarnya.
Seperti yang dilansir Koran Kaltim sebelumnya (26/2), pencetakan KTP elektronik dilakukan selama lima hari kerja, yaitu Senin hingga Jumat, dengan dua kecamatan per harinya diantaranya untuk Senin, Palaran dan Samarinda Seberang, Selasa giliran Samarinda Ulu dan Samarinda Ilir, Rabu giliran Samarinda Utara dan Sungai Kunjang, kemudian Kamis giliran Sambutan dan Sungai Pinang serta Jumat giliran Kecamatan Samarinda Kota dan Loa Janan Ilir.
Berdasarkan data jumlah yang masuk siang kemarin di Disdukcapil, ada sebanyak 416.896 jiwa yang telah melakukan perekaman data biometrik KTP elektronik dari jumlah yang wajib KTP sebanyak 624.173 jiwa. Jumlah KTP elektronik yang telah tercetak sudah ada sebanyak 3.550 dari jumlah bulan Februari lalu sehingga jumlah pencetakannya saat ini mencapai 163.727.
Selain itu lanjutnya, ada beberapa data Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda serta data rekam ganda, sehingga KTP elektronik tidak dapat dicetak karena hanya pusat yang berwenang dalam menghapus data ganda. Kurangnya antusiasme warga untuk memiliki KTP elektronik di kota ini juga membuat data kependudukan kurang lengkap, karena sebagian masih ada KTP asli SIAK yang sebenarnya sudah tidak berlaku sejak 31 Desember lalu. Hanya saja kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda masih tetap memberlakukan KTP asli SIAK selama blanko masih tersedia di kecamatan. (adv/ms315)

Sumber : http://www.korankaltim.com/disdukcapil-imbau-warga-ajukan-permohonan-ktp-elektornik/


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini