Setelah RS IA MOEIS, Disdukcapil Gandeng RS Bersalin PKBI Bayi Lahir Langsung Dapat Akte

Diposting pada: 2015-05-01, oleh : Admin Berita, Kategori: Kedinasan

SAMARINDA,BERITAKALTIM.COM – Setelah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) I.A Mois, Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Samarinda kembali menjalin kerjasama dalam pembuatan akte kelahiran dan akte kematian bersama Yayasan Rumah Sakit Bersalin Ria Kencana PKBI Kaltim.
Asisten III Pemkot Samarinda Ridwan Tassa saat menyaksikan penandatanganan MOU tersebut, mengatakan kalau kerjasama tadi mutlak dilakukan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat.

“Terlebih pelayanan yang paling urgen saat ini yaitu bidang kesehatan dan pendidikan,” kata Ridwan. Untuk itu dalam pelaksanaannya nanti, pelayanan harus bisa menjadi lebih baik dan berkualitas, baik dari sisi produk maupun isi dari layanan itu sendiri. Disisi lain terkait dengan kebijakan pembuatan akte ini tak lupa Ridwan tetap mengingatkan agar kelengkapan dokumen tetap harus diperhatikan.

“Baik pihak capil sendiri maupun yayasan PKBI harus memiliki arsip masing-masing,” imbuhnya. Selanjutnya mengenai tujuan dilaksanakannya kerjasama tadi, Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Samarinda Fitermen mengutarakan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus dan mendapatkan dokumen kependudukan.
“Bila sebelumnya untuk mendapatkan akte kelahiran warga bersangkutan harus mengurus surat menyurat dari tingkat RT hingga kecamatan, kini masyarakat yang melakukan proses persalinan di rumah sakit bersangkutan langsung mendapatkan akte kelahiran bagi putra putrinya,”.
Fiter begitu ia disapa juga menambahkan kebijakan ini tidak hanya sampai di rumah sakit IA MOEIS dan PKBI saja, namun pihaknya kini juga tengah menjajaki kerjasama pada rumah sakit lain maupun puskesmas.

Sementara itu, dari pihak PKBI sendiri melalui ketua yayasan Sumadi Admodiharjo menyambut baik dan mendukung penuh kerjasama dimaksud. Karena selain untuk memotong arus layanan, hal ini secara tidak langsung akan mendukung program Samarinda menuju kota layak anak.
“Dalam hal ini untuk pemenuhan hak anak mendapatkan akte kelahiran, sedangkan bagi PKBI sendiri akan memberikan daya dukung rumah sakit dalam hal pelayanannya, dimana ketika selesai melakukan proses persalinan ketika pulang pasien bersangkutan sudah membawa akte kelahiran,” tandas Sumadi.HMS3
 

Sumber : http://beritakaltim.com/?p=7921


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini